Perang Jawa atau Perang Diponegoro

Bookmark and Share

 

Tirai Maya - Para Perang Jawa atau Perang Diponegoro yang berjuang di Jawa antara 1825 dan 1830. Ini dimulai sebagai sebuah pemberontakan yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro . Para penyebab langsung adalah keputusan Belanda untuk membangun jalan di seluruh sepotong hartanya yang berisi makam orangtuanya. Di antara penyebab lain adalah rasa pengkhianatan oleh Belanda dirasakan oleh anggota Jawa keluarga bangsawan, karena mereka tidak lagi mampu untuk menyewa tanah dengan harga tinggi. Juga, suksesi tahta diYogyakarta adalah sengketa: Diponegoro adalah anak tertua, tetapi karena ibunya bukan ratu, ia tidak memiliki hak untuk menggantikan ayahnya.

Pasukan Pangeran Diponegoro sangat berhasil di awal, mengendalikan tengah mengepung Jawa dan Yogyakarta. Selain itu penduduk Jawa adalah mendukung penyebab Pangeran Diponegoro, sedangkan penguasa kolonial Belanda awalnya sangat ragu-ragu.

Namun, sebagai perang Jawa berkepanjangan, Pangeran Diponegoro kesulitan dalam mempertahankan jumlah pasukannya.

Tentara kolonial Belanda, bagaimanapun, mampu mengisi barisan dengan pasukan dari Sulawesi , dan kemudian dari Belanda . Komandan Belanda,Jenderal de Kock , mampu mengakhiri pengepungan Yogyakarta pada tanggal 25 September 1825.

Pangeran Diponegoro memulai perang gerilya sengit dan tidak sampai 1827 bahwa tentara Belanda naik di atas angin.

Diperkirakan 200.000 [ 6 ] meninggal selama konflik, 8.000 menjadi Belanda.[ 6 ] Pemberontakan akhirnya berakhir pada 1830, setelah Pangeran Diponegoro tertipu untuk masuk tahanan Belanda di dekat Magelang , percaya ia ada di sana untuk negosiasi untuk mungkin gencatan senjata. Dia ditangkap melalui pengkhianatan dan dideportasi ke Manado dan kemudian ke Makassar, di mana ia meninggal pada 1855. [ 1 ]

Karena sejumlah besar tentara Eropa yang tewas dalam perang, pemerintah Belanda memutuskan untuk merekrut tentara Afrika di Gold Coast , yang disebut " Belanda Hitam "(" Belanda Hitam ").

Perang Jawa

Pengajuan Pangeran Dipo Negoro kepada Jenderal de Kock , oleh Nicolaas Pieneman
Tanggal 1825-30
Lokasi Jawa
Mengakibatkan Belanda kemenangan
Diponegoro dideportasi ke Makassar [ 1 ] ; pemberontakan berakhir.

(tm) Sumber
JANGAN LUPA DI LIKE YACHH !!!

 

noreply@blogger.com (Tirai Maya) 27 May, 2012


-
Source: http://www.tiraimaya.com/2012/05/perang-jawa-atau-perang-diponegoro.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com Description: Perang Jawa atau Perang Diponegoro Rating: 5 Reviewer: up2det blog - ItemReviewed: Perang Jawa atau Perang Diponegoro

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar