Cara Tips Memilih Pasta Gigi yang Tepat

Bookmark and Share

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Tirai Maya - Mungkin dalam benak hati Anda pernah bertanya bagaimanakah cara memilih pasta gigi yang tepat dan benar sesuai untuk kesehatan mulut dan gigi? Lalu, kandungan apa saja yang diperlukan dalam sebuah pasta gigi (orang Jawa Tengah terkadang sering menyebutnya dengan sebutan ODOL).

Apakah pasta gigi untuk anak-anak dan orang dewasa itu berbeda ataukah sama? Lalu bagaimana penggunaan pasta gigi yang tepat?

Kali ini Tim Kesehatan akan sedikit mengupas tips dan cara mudah memilih pasta gigi yang tepat untuk kesehatan gigi, gusi dan mulut, serta untuk memenuhi kebutuhan kesehatan keluarga Anda.

Tahukah Anda bahwa berdasarkan penelitian, pasta gigi memiliki peran yang sangat penting dalam menghilangkan plak gigi. Karena itulah kita harus memperhatikan kandungan pasta gigi yang akan kita gunakan bersama seluruh keluarga.


Memilih Pasta Gigi yang Tepat

Beberapa kandungan utama yang wajib dimiliki pasta gigi adalah bahan abrasif yang berperan dalam menghilangkan plak serta pewarnaan pada gigi. Selain itu, pasta gigi sebaiknya mengandung fluoride yang berfungsi mengembalikan mineral gigi yang hilang akibat remineralisasi yang terjadi.

Beberapa agen antibakteri seperti triclosan, serta agen remineralisasi lainnya seperti kalsium fosfat disarankan para ahli gigi untuk terkandung di dalam sebuah pasta gigi. Sementara itu, kandungan deterjen pada pasta gigi hanya memberikan efek berbusa pada pasta gigi. Bahkan sebenarnya deterjen semacam Sodium Lauryl Sulfate (SLS) memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan mulut, seperti dapat menyebabkan sariawan pada mulut.

Selain kandungan pasta gigi, ada lagi yang harus diperhatikan penggunaannya berdasarkan usia pemakai. Pasta gigi untuk anak tentunya berbeda dengan pasta gigi untuk orang dewasa. Perbedaannya yang paling mencolok dan utama adalah pada kandungan fluoride-nya.

Disarankan, pasta gigi yang aman untuk anak-anak mengandung fluoride antara 250-500 ppm, dan fluoride ini tidak boleh tertelan oleh anak. Sedangkan untuk dewasa kandungan fluoride tidak melebihi batas maksimum yaitu 1000 ppm.

Terakhir, saran dari para ahli kesehatan gigi, untuk menghasilkan kesehatan gigi yang optimal, penggunaan pasta gigi harus didukung dengan teknik menyikat gigi yang benar dan waktu yang tepat. Jangan terlalu banyak menuang pasta gigi karena menuang pasta gigi sepanjang 2 cm tidak akan membuat gigi Anda lebih bersih daripada jika Anda hanya menuang 1cm.

Jangan pula terlalu sering menggosok/menyikat gigi, dua kali sehari pagi dan malam hari dirasa sudah cukup untuk mendukung kesehatan gigi dan mulut Anda.

Semoga saja artikel kesehatan terbaru tentang tips dan cara memilih pasta gigi yang tepat untuk kesehatan ini bermanfaat untuk anda semua. 

Sumber 
JANGAN LUPA DI LIKE YACHH !!!

 

noreply@blogger.com (Tirai Maya) 19 May, 2012


-
Source: http://www.tiraimaya.com/2012/05/cara-tips-memilih-pasta-gigi-yang-tepat.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com Description: Cara Tips Memilih Pasta Gigi yang Tepat Rating: 5 Reviewer: up2det blog - ItemReviewed: Cara Tips Memilih Pasta Gigi yang Tepat

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar