Mengenal Makanan Pemicu dan Pencegah Kanker

Bookmark and Share


Tirai Maya - Bahan kimia yang terdapat pada makanan tertentu dapat menyebabkan timbulnya kanker. Tapi jangan takut, dari makanan pula, kanker bisa dicegah.

Bahan kimia yang terdapat pada makanan tertentu dapat menyebabkan timbulnya kanker misalnya makanan yang lama tersimpan dan berjamur dapat tercemar oleh aflatoxin.

"Aflatoxin adalah zat yang dihasilkan jamur Aspergillus Flavus yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker hati," kata ahli gizi Rosihan Anwar, S.Gz.

Mahasiswa S2 Gizi Kesehatan Minat Gizi Klinik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini menjelaskan, mencegah terjadinya kanker bisa dilakukan. Sebagian besar jenis kanker dapat dicegah dengan kebiasaan hidup sehat sejak usia muda dan menghindari faktor-faktor penyebab kanker.

Meskipun penyebab kanker secara pasti belum diketahui, setiap orang dapat melakukan upaya pencegahan dengan cara hidup sehat dan menghindari penyebab kanker.

Bagaimana caranya? Mengurangi makanan berlemak yang berlebihan, lebih banyak makan makanan berserat, lebih banyak makan sayur-sayuran berwarna serta buah-buahan karena mengandung antioksidan sebagai zat penangkal kanker, lebih banyak makan makanan segar, mengurangi makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama, hindari makanan yang diasap dan diasin, membatasi minuman alkohol, hindari diri dari penyakit akibat hubungan seksual, hindari kebiasaan merokok, upayakan kehidupan seimbang dan hindari stress serta periksakan kesehatan secara berkala dan teratur.

Sebenarnya untuk menjadi sehat dan terbebas dari segala jenis penyakit cukup mudah untuk dilakukan. Yang diperlukan hanya komitmen dan kemauan untuk menjalankan pola hidup sehat seperti rutin melakukan olahraga, makan secara teratur, tidur terpenuhi dengan cukup, tidak merokok, tidak meminum alkohol, serta gizi terpenuhi. Menurut beberapa penelitian, sekitar 80-90% berbagai macam kanker sangat erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

"Sebagai ahli gizi saya sangat menganjurkan mengkonsumsi makanan antikarsinogen ini seperti sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung betakaroten, vitamin A, vitamin C dan E," kata Rosihan lagi.

Selain itu, ada zat gizi lainnya yang juga terkenal mencegah penyakit kanker: asam folat, vitamin D, kalsium, magnesium, niasin, dan selenium (Se). Selain itu, jangan juga melupakan serat yang bisa mencegah timbulnya kanker kolon. Semoga kita semua terhindar dari penyakit yang mematikan ini. (tm) Sumber

JANGAN LUPA DI LIKE YACHH !!!

 

noreply@blogger.com (Tirai Maya) 24 May, 2012


-
Source: http://www.tiraimaya.com/2012/05/mengenal-makanan-pemicu-dan-pencegah.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com Description: Mengenal Makanan Pemicu dan Pencegah Kanker Rating: 5 Reviewer: up2det blog - ItemReviewed: Mengenal Makanan Pemicu dan Pencegah Kanker

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar